Saturday 13 December 2014

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan dan Pasca Stroke



Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

dan Pasca Stroke

Oleh : Ir. Najamudin, MT
Dosen Universitas Bandar Lampung
Sebelum membahas tentang jahe saya akan menceritakan terlebih dahulu tentang diri saya.
Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa seorang Dosen Teknik Mesin seperti saya kok mau menulis artikel tentang tanaman jahe, hal ini tentunya ada kisahnya yaitu ketika saya terkena stroke tiga tahun yang lalu dan setelah pasca stroke ternyata masih banyak penyakit yang melengkapi penderitaan saya diantaranya yaitu : badan saya selalu kedinginan, menggigil, linu-linu pada semua persendian terutama pada kaki dan dengkul sangat lemah untuk berdiri, dari diagnose dokter banyak sekali pendapatnya, ada yang mengatakan asam urat rematik, kurang kalsium, osteoforosis dan sebagainya, telah banyak jenis obat yang kumakan termasuk obat yang harganya mahal dan patent tapi tetap tidak ada hasilnya.
Akhirnya saya berusaha sendiri bagaimana cara penyembuhan penyakit saya, diawali dengan berjemur di matahari, mungkin anda tidak percaya saya sering berjemur disiang bolong pada saat terik matahari hanya untuk menghangatkan badanku. Selain itu setiap harinya saya mencoba menghangatkan badan saya dengan menkonsumsi jahe yaitu dari bandrek, bubur kacang hijau yang dicampur jahe dan untuk menghilangkan linu-linu di daerah dengkul dan sendi kaki aku mencoba resep dari temanku yaitu ceker kaki ayam kampung ditambah jahe direbus, alhamdulilah badanku sudah mulai terasa hangat dan dapat berkeringat dan linu-linu mulai hilang.
Ternyata setelah aku belajar banyak sama mbah google akhirnya aku menemukan jawabnya bahwa tanaman jahe memang banyak khasiatnya, dan apa yang kulakukan sudah benar yaitu banyak berolah raga, berjemur pada matahari pagi itu sangat baik karena memberikan vitamin D yang berfungsi untuk membantu mengikat kalsium pada tulang kita, alhamdulilah semua penyakit itu bias sembuh dengan mengkonsumsi jahe dan berolah raga.
Berikut dibawah ini aku akan berbagi info tentang khasiat jahe bagi kesehatan manusia.

Khasiat Jahe.
  1.      Radang Sendi
Kandungan analgesic dan anti-inflammatory dari jahe membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi pada sebagian orang. Untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada otot dan sendi, tambahkan ginger oil pada air mandi anda.
2.           Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Jahe mengandung berbagai senyawa volatile yang berfungsi memberikan aroma jahe yang menyegarkan, senyawa non volatile (gingerol) yang berfungsi memberi rasa pedas, serta minyak atsiri yang banyak manfaat. Jahe membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Jahe mempunyai kemampuan melebarkan pembuluh darah dengan merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga darah dapat melancarkan peredaran darah.
3.    Masalah Pernafasan
Kandungan antihistamin jahe membantu penyembuhan alergi. Jahe juga dikenal mampu menghalangi kontraksi saluran udara dan membantu menstimulasi sekresi lendir. Jahe merupakan herbal pilihan untuk mengobati batuk meradang dan sakit tenggorokan yang disertai demam. Satu sendok teh jahe yang dicampur maduterbukti efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Dan teh jahe adalah teh favorit untuk melegakan tenggorokan dan hidung. Jus jahe segar yang dicampur dengan fenugreek dan madu sangat cocok saat asma kambuh.

4.                Mengobati Mual dan Muntah
Mengunyah jahe dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Berdasarkan penelitian, jahe dapat mengobati rasa mual yang muncul akibat operasi, dan mabuk darat, mabuk laut, dll. Jahe juga dapat membantu mengurangi rasa mual akibat dari kemoterapi.
5.                Mencegah Rasa Mual di Pagi Hari
Beberapa wanita yang hamil berpendapat bahwa jahe membantu mencegah rasa mual di pagi hari. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.
6.                Menambah Nafsu Makan
Tingkatkan nafsu makan dengan mengkonsumsi jahe segar sebelum anda mulai makan. Jahe dapat membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.
7.                Membantu Pencernaan
Baru saja makan besar? Makanlah jahe. Jahe membantu proses penyerapan dan asimilasi nutrisi penting dan membantu pencernaan. Jahe juga membantu memecah protein dalam makanan yang anda makan. Jahe melindungi perut anda dari maag dengan meningkatkan sekresi lendir.
8.                Anti Perut Kembung
Redakan perut kembung dengan jahe. Jahe memiliki khasiat untuk mengeluarkan gas dan perut kembung.
9.                Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi
Jahe, jika dikonsumsi di awal periode menstruasi, dapat mengurangi gejala sakit menstruasi pada wanita.
10.           Meredakan Sakit Kepala
Mengoleskan jahe yang dihaluskan pada kening diyakini dapat meredakan sakit kepala migraine. Khasiat jahe untuk mencegah sintesis prostaglandin membantu mengurangi rasa sakit dan inflamasi pada pembuluh darah sehingga membantu meredakan migraine.

11.           Kanker
Jahe mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Jahe memiliki khasiat untuk memperlambat kematian sel (apoptosis) dan menekan protein tertentu. Berdasarkan beberapa penelitian, jahe merupakan senjata ampuh dalam melawan kanker.

Demikian info kesehatan dari saya semoga bermanfaat bagi kesehatan kita semua, saya ucapkan selamat mencoba dan tolong sebarkan untuk semua orang, keluarga, sanak famili, serta teman-teman yang membutuhkan.

Sukses dan sehat selalu
Ir. Najamudin, MT

 

No comments:

Post a Comment