Wednesday 3 December 2014

Tanaman Obat Herbal Sonchus Arvensis (Tempuyung) Untuk Pengobatan Batu saluran kencing dan batu empedu



Oleh : Ir. Najamudin, MT
Dosen Universitas Bandar Lampung


Tanaman Obat Herbal
Untuk Pengobatan
Batu saluran kencing dan batu empedu


Setelah saya mengalami stroke 3 tahun yang lalu (26 Mei 2011), karena tensi darah saya selalu tinggi maka saya dianjurkan oleh dokter agar makan obat penurun tensi setiap hari seumur hidup, hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi stroke kembali, Alhamdulilah tensi saya dapat diturunkan sampai tensi normal jika minum obat, namun kalau tidak makan obat besoknya tensi darah saya akan naik kembali, makanya dianjurkan dokter minum obat setiap hari.


Karena setiap hari minum obat mungkin ada indikasi gangguan pada saluran kencing saya yaitu dengan tanda2 kencing berwarna kuning, susah buang air kencing dan keluarnya sedikit-sedikit (Istilah di daerah saya disebut penyakit Anyang2an), selain itu saya sering sakit pinggang. Dalam hal ini pernah saya berobat ke dokter tapi nggak sembuh, akhirnya aku mendapatkan saran dari orang-orang tua di kampong (sesepuh kampong) untuk minum rebusan daun kumis kucing ditambahkan daun tempuyung serta kar-akarnya 
Alhamdulillah hasilnya aku menjadi sehat dan dapat beraktifitas seperti biasanya.

Tempuyung tumbuh liar di tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing-tebing, tepi saluran air atau tanah terlantar, kadang ditanam sebagai tumbuhan obat.
Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini bisa ditemukan pada daerah yang banyak turun hujan pada ketinggian 50 - 1.650 m diatas permukaan laut. mengandung getah putih, dengan akar tunggang yang kuat. Daun tunggal, bagian bawah tumbuh dan berkumpul pada pangkal membentuk roset akar. Helai daun berbentuk lanset atau lonjong, ujung runcing, pangkal bentuk jantung,
Panjang daun 6 - 48 cm, lebar 3 - 12 cm, warnanya hijau muda. Daun yang keluar dari tangkai bunga bentuknya lebih kecil dengan pangkal memeluk batang, letak berjauhan, berseling. Perbungaan berbentuk bonggol yang tergabung dalam malai, bertangkai, mahkota bentuk jarum, warnanya kuning cerah, lama kelamaan menjadi merah kecoklatan. Buah kotak, berusuk lima, bentuknya memanjang sekitar 4 mm, pipih, berambut, coklat kekuningan.
Ada keaneka-ragaman tumbuhan ini. Yang berdaun kecil disebut Lempung dan yang berdaun besar dengan tinggi mencapai 2 meter disebut Rayana. Batang muda dan daun walaupun rasanya pahit bisa dimakan sebagai lalap. Pengembang-biakan dengan biji.
Sifat dan Khasiat
Tempuyung rasanya pahit dan dingin. Berkhasiat menghilangkan panas dan racun, peluruh kencing (diuretik), penghancur batu (lipotriptik), antiurolitiasis dan menghilangkan bengkak.
Kandungan Kimia
Tempuyung mengandung a-laktuserol, b-laktuserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid dan taraksasterol. Bagian yang digunakan Daun atau seluruh tumbuhan.
Indikasi
Tempuyung dapat mengatasi :
1.     Batu saluran kencing dan batu empedu
2.     Radang usus buntu (apendistis)
3.      Radang payudara (mastitis)
4.     Disentri
5.     Wasir
6.     Beser mani (spermatorea)
7.     Darah tinggi (hipertensi)
8.     Pendengaran berkurang (tuli)
9.     Rematik
10.  Asam urat (Gout),

Efek Farmakologis
Hasil Penelitian menunjukkan pengaruh ekstrak air dan ekstrak alkohol daun tempuyung terhadap volume urine tikus in vivo dan pelarutan batu ginjal in vitro, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
1. Daun tempuyung tidak secara jelas mempunyai efek diuretik, namun mempunyai   daya melarutkan batu ginjal
2. Daya melarutkan batu ginjal oleh ekstrak air lebih baik dari pada ekstrak alkohol (Giri Hardiyatmo, Fak. Farmasi UGM 1991) Praperlakuan flavonoid fraksi asetat daun tempuyung mampu menghambat hepatotoksisitas karbon tetraklorida (CCI4) yang diberikan pada mencit jantan (Atiek Liestyaningsih, Fak. Farmasi UGM 1991)
Kapsul Prolipid yang diindikasikan untuk pengobatan kolesterol tinggi dan menjaga kelangsingan tubuh juga mengandung tumbuhan obat ini
Sumber : Atlas Tumbuhan Obat Indonesia (Dr. Setiawan Dalimartha Hadi)

Demikian info kesehatan dari saya semoga bermanfaat bagi kesehatan kita semua, saya ucapkan selamat mencoba dan tolong sebarkan untuk semua orang, keluarga, sanak famili, serta teman-teman yang membutuhkan.
Sukses dan sehat selalu

Thanks
Ir. Najamudin, MT



No comments:

Post a Comment